Iklan

iklan

Iklan

iklan
,

Iklan

iklan

Kian Memanas, Kapal Perang China and Taiwan Saling Berhadapan

8 Agu 2022, 11:44 WIB Last Updated 2022-08-08T04:50:32Z

korantalk.news - Kapal perang China dan Taiwan saling berhadapan di laut lepas pada hari ini, Minggu (7/8/2022), menjelang berakhirnya latihan militer China di Selat Taiwan. Latihan militer China yang dijadwalkan empat hari tersebut merupakan reaksi atas kunjungan Juru Bicara Amerika Serikat (AS) Nancy Pelosi ke Taiwan.

Sebelumnya, kunjungan Nancy Pelosi pekan lalu ke Taiwan membuat China marah. China menanggapinya dengan peluncuran uji coba rudal balistik di atas ibu kota pulau itu untuk pertama kalinya dan pemutusan hubungan komunikasi dengan AS.

Hari ini, sekitar 10 kapal perang masing dari China dan Taiwan berlayar dalam jarak dekat di Selat Taiwan. Reuters melaporkan, beberapa kapal China melintasi middle nom de plume garis tengah di selat itu, yang selama ini menjadi penyangga tidak resmi yang memisahkan kedua negara.

Kementerian Pertahanan Taiwan menyatakan, beberapa kapal militer, pesawat terbang, dan pesawat tak berawak, serta angkatan laut China melakukan simulasi serangan terhadap pulau itu. Sebagai tanggapan, Taipei mengirimkan sejumlah pesawat dan kapal ke selat tersebut.

Ketika pasukan China mulai menyentuh garis tengah Selat Taiwan, seperti yang mereka lakukan pada Sabtu (6/8/2022) kemarin, pihak Taiwan mengambil posisi yang juga berdekatan dengan garis itu untuk memantau.

baca juga : Pengacara Keluarga Brigadir J Ingin Temui Istri Sambo: Banyak Misteri

"Jika mungkin, (kami akan) menyangkal kemampuan China untuk menyeberang (Selat Taiwan)," ungkap sumber itu, sebagaimana dilansir Reuters, Minggu (7/8/2022).

Menurut dia, kedua belah pihak sama menunjukkan upaya pengekangan terhadap gerak lawan. Dia play on words menggambarkan manuver tersebut ibarat permainan "kucing dan tikus" di laut lepas.

baca juga : Dapat Bisikan Gaib,Pria Makassar Diciduk Polisi Karena Babat 57 Pohon

"(Ketika) satu pihak mencoba untuk menyeberang, dan yang lain menghalangi dan memaksa mereka ke posisi yang lebih tidak menguntungkan dan akhirnya kembali ke sisi lain," ucapnya.

Sebagai informasi, latihan militer China berpusat di enam lokasi di sekitar Taiwan. Latihan itu dimulai pada Kamis (4/8/2022) dan dijadwalkan berlangsung hingga tengah hari pada Minggu.

                                        


Dapatkan update berita pilihan dan making it known setiap hari dari korantalk.news Mari bergabung di Grup Telegram "korantalk.news Update", caranya klik connect https://t.me/korantalk , kemudian join. Anda harus introduce aplikasi Telegram terlebih dulu di Smartphone.
iklan